Buku

Kitab Jawa Kuno



Panji Asmara Bangun, tokoh dalam Serat Panji Asmara Bangun, menggelar kepandaian menggubah tembang, strategi berperang dan pertualangan mencari titisan istri tercintanya. Dalam serat kuno lain disebutkan banyaknya cara memutuskan satu perkara hukum yang sangat sukar dirasionalkan, namun sang tokoh teliti dan cerdas berhasil menggali dan mengumpulkan bukti lantas memutuskan perkara demi keadilan semua pihak.
Buku ini merupakan kumpulan 14 kitan kuno sastra kalasik Jawa yang terdiri dari Serat Purwakandha, Serat Pulo Kencana, Serat Panji Asmara Bangun, Serat Nagri Ngurawan, Serat Tawang Gantungan, Serat Niti Praja, Serat Waskithaning Nala, Serat Paniti Sastra, Serat Pamrayoga Utama, Serat Nirata Praketa, Serat Kridhamaya, Serat Niti Sruti, Serat Arjuna Wiwaha, dan Serat Tripama.
Kitan Jawa Kuno ini memuat pitutur yang bijaksana, tidak saja "tentang" kehidupan kita melainkan juga "dengan" kehidupan kita. Kita seakan diajak untuk menggeluti khasanah peradaban yang toleran antarsesama, sekaligus mengarungi lautan kearifan lokal yang maha penting utuk diserap.
Terjemahan dan tafsir dari keempatbelas kitab kuno yang termuat di dalamnya merupakan kumpulan ajaran kearifan ldan kebijaksanaan, ditunjukan bagi kita untuk tetap memandang hidup sebagaimana mestinya. Lumampah anut wirama dan nuting jaman kelakone, tidak bertindak grusa-grusu melainkan secara rasional dan ksatria dalam menjalankan kehidupan dunia.


Ketersediaan

31103070536094J 899.222 Pur kLantai II TimurTersedia
31103070536086J 899.222 Pur kGedung Baru Lantai 3 (Koleksi Jawa)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
J 899.222 Pur k
Penerbit Pinus : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
409 hal.; 24 cm; hal. 402-409
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-99008-5-9
Klasifikasi
899.222
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Informasi Lainnya

Anak judul
-
Judul asli
-
DOI/URL
-

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this