Artikel

Kajian kebutuhan peningkatan kompetensi mengajar guru



Jurnal Pendidikan & Kebudayaan Vol. 16 No. 3 Mei 2010, ABSTRAK : Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasikan kondisi obyektif kebutuhan sekolah, yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan intervensi kebijakan melalui perencanaan program pedidikan. Secara khusus studi ini dimaksudkan untuk mengetahui: (a) karakteristik guru sebagai determinan kualitas guru, dan (b) kualitas guru pada kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dan identifikasi kebutuhan pelatihannya. Hasil studi menunjukan bahwa latar belakang guru banyak yang tidak sesuai mata pelajaran yang diajarkan (misnatch), terutama guru SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yg berasal dari sekolah swasta. Upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatiahan, meskipun lebih dari dua perlima guru tidak pernah mengikuti penataran/pelatihan. Pelatihan tentang pengembangan kurikulum dan penyusunan tes dibutuhkan hampir oleh semua guru, terutama guru MI, MTs dan MA serta guru yang berlatar belakang pendidikan non-keguruan.


Ketersediaan

23101.1JURNALR. MajalahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
JURNAL
Penerbit Kementrian Pendidikan Nasional : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 239-249., tabl.; 29 cm.; Hal. 249
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
0215-2673
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Informasi Lainnya

Anak judul
-
Judul asli
-
DOI/URL
-

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this