Text

Ekonomi moneter:



Pengertian sederhana tentang Ekonomi Moneter merujuk pada bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai sifat, fungsi, serta pengaruh uang dalam berbagai kegiatan ekonomi. Hematnya, ekonomi moneter berbicara mengenai bagaimana “uang” itu bekerja. Namun, secara substansial masih banyak sekali yang dipelajari dalam ekonomi moneter, misalnya bagaimana pasar uang berjalan, tingkat bunga, inflasi, kebijakan moneter, permasalahan dalam kebijakan moneter hingga sistem moneter internasional dan persoalan krisis keuangan. Kemudian, muncul pertanyaan: Mengapa kita perlu mempelajari ekonomi moneter?

Jawaban yang hampir ideal atas pertanyaan tersebut adalah kita dapat mengetahui secara mendalam mengenai jalannya mekanisme pasar uang, pengaruh tingkat bunga dalam perekonomian, bagaimana negara mengatur persoalan inflasi, kebijakan negara dalam membuat kebijakan moneter, serta cara kerja sistem moneter internasional hingga mempelajari krisis keuangan yang sempat melanda Indonesia. Selain itu, kita juga dapat menganalisis secara tajam beberapa fenomena moneter dalam kaitannya dengan kebijakan moneter terhadap perekonomian negara.

Pada akhirnya, dengan mempelajari ekonomi moneter akan menambah khazanah pengetahuan sehingga diharapkan kita menjadi lebih kritis dalam menyikapi kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah, khususnya kebijakan pengaturan uang dan perbankan untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi. Pengetahuan tentang ekonomi moneter juga dapat memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengambil sebuah kebijaksanaan melalui teori ekonomi moneter yang telah dipelajari sehingga kebijakan tersebut menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuannya.


Ketersediaan

311030123275849|339.5|Kun|e#Lantai II TimurTersedia
311030123275852|339.5|Kun|e#2#Gedung Lama Lantai 2 Timur 340Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
|339.5|Kun|e#
Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 260 hal.: ilus.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-444-744-1
Klasifikasi
339.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Informasi Lainnya

Anak judul
studi kasus Indonesia
Judul asli
-
DOI/URL
-

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this